Anda sedang dihalaman Daftar Penyakit dari Bahaya Rokok

Daftar Penyakit dari Bahaya Rokok

Posted by Admin Monday, May 14, 2012 0 komentar
Bahaya Rokok - Bahaya Merokok | Sebenernya sudah secara jelas tertera di setiap bungkus Rokok bahwa rokok sangat membahayakan bagi kesehatan kita, namun kenapa orang tetep saja merokok dan tetap mengindahkan peringatan yang tercantum dalam bungkus tersebut, tak jarang juga banyak sekali orang yang sudah meninggal dunia akibat penyakit yang menggerogoti yang disebabkan oleh aktivitas merokok.

Saya sendiri bukan perokok, tapi pernah mencicipi sedikit dan untungnya belum mengalami rasa nikmatnya atau sampai kecanduan rokok. Kalau dipikir secara logis rokok dinikmati dalam waktu selang beberapa menit, namun efek yang ditimbulkan yaitu berbagai penyakit mengintai yang akan hinggap ditubuh sepanjang hidup.

Bahaya Rokok - Bahan kimia dalam rokok bisa mengurangi oksigen ke jantung sehingga menimbulkan rasa lelah, terutama dalam aktivitas fisik. serta merusak sel2 dalam arteri dan pembuluh darah dari waktu ke waktu, yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Bahaya Rokok

Bahaya Rokok

Dibawah ini daftar penyakit2 yang wajib diwaspadai oleh perokok, seperti dikutip Livestrong, Sabtu (12 Mei 2012):

Bahaya Rokok

1. Penyakit jantung
Rokok menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan penyakit jantung.

Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung bisa terjadi.

Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok, semakin besar kesempatannya mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke.

2. Penyakit paru
Risiko terkena pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis meningkat karena merokok. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah buruk dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Orang-orang berumur 40 tahun bisa mendapatkan emfisema atau bronkitis, tapi gejala biasanya akan*jauh lebih buruk di kemudian hari, menurut American Cancer Society.

3. Kanker paru dan kanker lainnya
Kanker paru2 sudah lama dikaitkan dg bahaya rokok, yang juga dapat menyebabkan terhadap kanker lain seperti dari mulut, kotak suara atau laring, tenggorokan dan kerongkongan. Merokok juga dikaitkan dengan kanker ginjal, kandung kemih, perut pankreas, leher rahim dan kanker darah (leukemia).

4. Diabetes
Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes, menurut Cleveland Clinic. Rokok juga bisa naik menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal dan masalah kaki.

5. Impotensi
Rokok merupakan faktor resiko utama untuk penyakit pembuluh darah perifer, yang mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Pembuluh darah ke p3nis kemungkinan juga akan terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yg kecil & dapat mengakibatkan disfungsi ereksi/impoten.

6. Menimbulkan Kebutaan
Seorang yang merokok menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami orang tua. Dalam setudi yg diterbitkan dalam 'Archives of Ophthalmology' pada tahun 2007 menemukan yaitu orang merokok empat kali lebih mungkin dibanding orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yg merusak makula, pusat retina, dan menghancurkan penglihatan sentral tajam.

7. Penyakit mulut
Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas.

Itulah bahaya rokok / bahaya merokok secara umum, dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang mengerikan akibat yang ditimbulkan merokok, rokok ini juga membahayakan orang sekitar yang meskipun orang itu tidak merokok tetapi sering di area kawasan orang perokok atau dinamakan sebagai perokok pasif! Kondisi perokok pasif inh malah lebih parah ketimbang dibandingkan dengan perokok aktif jadi saran Bikin Betah anda sebagai tidak merokok lebih baik sedikit menjauh bila ada teman/lingkungan yg sedang aktif merokok.


0 komentar:

Post a Comment