Anda sedang dihalaman Cara Sederhana Membuat Tempe Lezat

Cara Sederhana Membuat Tempe Lezat

Posted by Admin Saturday, July 7, 2012 0 komentar
Cara Membuat Tempe - Tempe sudah di kenal sejak lama di kalangan masyarakat dan menjadi menu pokok dalam kehidupan sehari-hari dan rasanya yang lezat semakin di minati berbagai kalangan dari muda sampai yang tua, khasiat tempe yang terbuat dari kedelai memiliki peranan penting untuk tubuh. Dan bahan dari tempe yang utama untuk cara membuat tempe adalah kedelai tumbuhan yang tidak asing lagi bagi telinga kita, manfaatnya tidak perlu diragukan lagi sumber protein yang penting bagi perkembangan anak yang masih dalam masa-masa pertumbuhan, dalam bahan mentah tempe sangat mudah sekali di temukan dan banyak di temui di daerah mana saja, kedelai terfragmentasi menjadi tempe tapi bukan maksud kedelai langsung menjadi tempe, perlu sebuah bumbu rahasia untuk menjadi tempe yaitu ragi, apa itu ragi? Ragi bahasa ilmiahnya adalah yeast, ragi bukan bahan buatan tangan manusia tetapi ragi adalah makhluk hidup mikro organisme ciptaan allah SWT meskipun berwujud mikro tapi punya peranan yang sangat penting untuk pembentukan tempe.

Cara Membuat Tempe

Cara Membuat Tempe

Namun sekarang harga tempe mulai mahal dan dalam era modern ini kita harus berhemat oleh sebab itu kita harus pandai pandai mengatur keuangan agar tidak menjadi korban kekrisisan, namun anda jangan kuatir saya mempunyai resep cara membuat tempe yang lezat yang mungkin berguna bagi para pecinta tempe dan tidak mengeluarkan banyak biaya untuk membuatnya dan mudah kok untuk membuat tempe. Dan dibawah ini bikin betah mengulas secara sederhana pembuatan tempe.

Berikut adalah bahan-bahan alat-alat untuk membuat tempe:
Kacang kedelai mentah : 1 kg
Ragi : 2 gram
Panci besar
Kantong plastik ukuran 1kg ( atau sesuai selera )

Cara membuat tempe yang lezat :
  1. Pertama tama bersihkan kedelai sampai bersih dengan air bersih agar kotoran yang menempel terlepas dari kedelainaya.
  2. Kemudian rendam kedelai nya kedalam wadah yang lebar selama kurang lebih selama 2 jam.
  3. Keesokan harinya setelah di rendam, cuci kedelai dalam air mengalir dan remas – remas kedelainya sampai kulit kedelai terlepas dari kedelainya.
  4. Waktunya perebusan. Masukan kedelai yang sudah bersih kedalam panci besar dan mulai merebus yang membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit atau sampai kedelaainya terliahat empuk.
  5. Tiriskan kedelainya sampai kering.
  6. Setelah itu tuangkan kedelai ke wadah yang besar,ratakan, kemudian tunggu sampai kedelainya dingin.
  7. Setelah itu campurkan 2sdm ragi atau sesuai aturan memakainya dengan kedelai.
  8. Aduk sampai merata lalu masukan kedalam plastik yang telah di siapkan.
  9. Ukur ketebalannya 3cm.
  10. Tutup ujung plastik dengan lilin.
  11. Tusuk plastiknya dengan tusuk gigi secukupnya yang penting adalah agarm mendapatkan udara sehingga bisa memulai pembusukan.
  12. Taruh ke rak beruji agar terkena sirkulasi tunggu sampai kurang lebih 36 jam.
  13. Tempe buatan sendiri siap untuk di sajikan .
Perhatian: menurut inrformasi dari teman saya yang merantau ke negara bersuhu dingin, tempe biasanya di balut dengan handuk atau kain yang agak tebal, sebelum kedalam lemari berjeruji.

Catatan :
Pada kemasan ragi tempe yang saya miliki ada tulisan : 2 gr ragi untuk 1 kg kedelai.
Setelah saya coba ternyata serabutnya tidak mau tumbuh. Mungkin ukuran itu untuk daerah tropis yang panas dan lembab seperti di Indonesia, dan kebetulan saya bikinnya di musim dingin. Setelah jumlah raginya ditambah sedikit, barulah sukses. Ukuran pastinya belum pernah menghitung, pokoknya merata saja.

Begitulah cara membuat tempe yang sebenarnya sederhana. Semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...