Anda sedang dihalaman Menu Sehat Buka Puasa 2012

Menu Sehat Buka Puasa 2012

Posted by Admin Thursday, July 19, 2012 0 komentar
Menu Buka Puasa sehat 2012 - Memasuki bulan Ramadhan saatnya bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah wajib yaitu puasa, menyambut bulan puasa ini pasti disibukkan mengenai sajian menu makanan untuk berbuka atau saat saur. Dan khususnya terutama para Ibu yang sibuk menyiapkan semua menu ini. Membahas tentang menu makanan untuk menyambut berbuka hal terutama yang harus diperhatikan adalah mengenai kandungan kesehatan pada makanan menu buka puasa itu.

Karena dengan memperhatikan kandungan gizi, mineral, vitamin yang ada pada makanan itu akan membuat stamina kita tetap terjaga dan akhirnya puasa yang kita jalani pun akan tetap lancar. Lalu resep menu buka puasa apa yang sehat saat ini? berikut daftar menu makanan sehat saat puasa dari bikin betah menurut sumber terpercaya.

Menu Buka Puasa

menu buka puasa
menu buka puasa

Menu puasa saat sahur :
  • Mengutamakan air, vitamin, dan elektrolit. Maksutnya : minum air putih, air kelapa dan buah2an, atau jus buah namun tanpa gula. Langkahnya pertama minum air kelapa dahulu, karena sifat elektrolit di air kelapa, maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Saat tidur tubuh kehabisan berat 1 sampai 2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah cara yang baik.
  • Menu selanjutnya yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Memulih jenis karbohidrat ini dikarenakan tahan lama dalam menjadikan gula darah stabil, jadi membuat mood menjadi menjadi baik.
  • Serat jangan sampai dilupakan, seperti berasal dari sayur atau buah. Serat ini berfungsi untuk membersihkan usus, serat juga dinamakan sebagai sapu alami yang memberikan peran membersihkan sisa-sisa daging di sela usus.
  • Pilih lemak sehat maksutnya lemak dari minyak yang tidak digoreng, contohnya zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lamban, jadi bisa lebih lama menahan lapar.

Menu buka puasa :
  • Perbanyak minum manis-manis yg alami tanpa gula. Bisa seperti air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya. Jauhi gula pasir karena bisa mengakibatkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan bisa menyebabkan dampak kesehatan yang kurang baik
  • Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang thdak digoreng. Nasi putih, dan makanan yang digoreng bisa menyebabkan ngantuk waktu sholat tarawih.
  • Setelah buka puasa, minum lag i air putih kalau bisa sampai sekitar 1 lter air putih sampai waktu menjelang saat tdur malam.
Contoh menu sahur sehat
  1. Nasi merah plus soto ayam, sambal dengan minyak zaitun dan buah pisang.
  2. Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.
  3. Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning. Buah pepaya.

Contuh menu buka puasa
  1. Nasi merah plus sate ayam, buah pisang
  2. Nasi merah plus soto ayam, buah jeruk
  3. Spaghetti plus saus tuna dan salad buah.
Itulah daftar menu buka puasa sehat yang disarankan demi menunjang supli gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh, semoga bisa berguna buat kalian dan juga dalam menunaikan ibadah puasa kalian menjadi lancar.


0 komentar:

Post a Comment