Anda sedang dihalaman Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Posted by Admin Saturday, January 21, 2012 0 komentar
Pengertian Akuntansi - Akuntansi asal muasalnya dari kata accounting yg mempunyai arti menghitung atau mempertanggungjawabkan. Tetapi kalau secara umum yaitu suatu proses mencatat, meringkas, mengolah, mengklasifikasi dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berkaitan dgn keuangan sehingga bisa digunakan oleh seseorang yg menggunakannya dengan mudah dipahami dalam pengambilan keputusan dan tujuan lain.


Ilmu Akuntansi ini ada sejak 3600 SM, pertama kalinya ditemukan akuntansi ini didaerah Babilonia yang ditandai dengan adanya penemuan benda kuno. Penemuan ini dalam bentuk tanah liat dan terpahat menyerupai sistem pembayaran gaji. Bukti lain yang membuktikan Akuntansi ini sudah ada pada jaman kuno didaerah mesir dan yunani ditemukan pencatatan dan sistem kontrol akuntansi - Pengertian Akuntansi.

Sistem Akuntansi ( Pengertian Akuntansi )yang modren ini ditemukan oleh orang yang bernama Lucas Paciolo, dan dikenal sebagai bapak akuntansi. Kemudian Lucas Paciolo ini menuangkan tentang Akuntansi ini dalam buku yang berjudul Summa De Arithmetica Geometrica Proportioni Et Proportionalite. Sedangkan Akuntansi ini masuk ke negara kita pada jaman penjajahan Belanda. Tetapi masa pengembangan Akuntansi di Indonesia ini terjadi pada waktu penjajahan Jepang.

Jadi dengan bukti-bukti yang sudah ada, akuntansi sudah ada sejak jaman dulu kala yaitu jaman kuno namun dulu belum dinamakan dengan akuntansi dan hanya sebuah catatan-catatan sederhana. Dan akuntansi resmi dinamakan pada era moderen ini. Di era moderen ini cara belajar akuntansi juga lebih mudah dengan adanya Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik yang saya sempet posting di awal-awal. Nah sekian dulu tentang sedikit pengertian akuntansi kali ini semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment