Anda sedang dihalaman Manfaat Berjemur di Pantai

Manfaat Berjemur di Pantai

Posted by Admin Wednesday, October 10, 2012 0 komentar
Tak lengkap rasanya kalau pergi di Pantai tidak melakukan rutinitas seperti berjemur. Aktivitas berjemur ini umumnya dilakukan oleh orang barat atau kulit putih, dengan hanya memakai pakaian khas pantai atau bikini mereka bertidur-tiduran / berbaring di pinggir pantai. Rutinitas ini dilakukan pasti ada maksut dan tujuannya, dan ternyata memang benar berjemur dibawah terik matahari memberikan manfaat bagi kita. Karena kandungan sinar matahari ada suatu zat yang bisa memberikan asupan buat kesehatan tubuh kita.

Manfaat Berjemur di Pantai



Berikut kandungan sinar Matahari yang memberikan manfaat besar bagi tubuh manusia, Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV).

Sinar ultraviolet UV ada 3 macam sinar, yaitu UVA, UVB, dan UVC :
1. UVA adalah sinar UV dengan panjang gelombang yang terpanjang, oleh sebab itu dapat menembus bagian dalam kulit.
2. UVB adalah sinar UV yang lebih pendek panjang gelombangnya dibanding UVA, yang dapat bekerja sebatas lapisan permukaan kulit.
3. UVC merupakan sinar UV yang katanya berbahaya dengan panjang gelombang paling pendek. Tetapi itu belum ada bukti otentik atau bukti yang jelas mengenai efek bahaya dari UVC bagi manusia, Karena sinar UVC tidak sampai kebumi yang sebelum mencampai kebumi sinar UCV ini habis diserap oleh lapisan ozon.

Dan berikut manfaat umum dari berjemur dibawah terik matahari :
- Sinar UV pada matahari bisa merangsang kulit untuk memproduksi vitamin D;
- sinar UV dapat meningkatkan produksi melanin (tanning).

Kalian tahu kan manfaat vitamin D bagi tubuh kita antara lain untuk pertumbuhan, dan regenerasi jaringan tulang. Dan manfaat kedua yaitu bisa meningkatkan melanin, melanin itu sendiri ialah pigmen yang memberi warna pada kulit.

Itulah manfaat secara umum mengenai berjemur, dan perlu diingat hindari berjemur antara waktu jam 09.00 sampai jam 15.00, Karena di waktu ini sinar matahari berada tegak lurus diatas kepala kita dan panjang gelombangnya lebih pendek jadi membayakan bagi tubuh kita.


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...