Anda sedang dihalaman Cara Merawat Printer Canon Epson dan Lainnya

Cara Merawat Printer Canon Epson dan Lainnya

Posted by Admin Sunday, October 7, 2012 0 komentar
Cara merawat printer canon epson dan lainnya - Mudah-mudah susah dalam merawat printer, banyak sekali merek printer dan itu pasti ada kelebihan atau kekurangan masing-masing dari berbagai merek. Printer kadang bisa lebih tahan lama atau kadang juga baru beli saja cepat banget rusaknya. Sebagai pengguna atau pemilik printer wajib atau harus tahu mengenai tentang seluk beluk printer itu sendiri baik cara merawat printer , penggunaan ataupun tentang masalah lainnya yang masih berkaitan dengan printer itu sendiri.

Masalah kerusakan printer banyak sekali namun masalah yang sering atau umumnya terjadi pada printer berkaitan dengan tinta terkadang tinta pinter warnanya tidak mau keluar, atau tinta yang keluar di kertas putus-putus tidak secara mulus keluar. Ataupun juga bisa kerusakan pada onderdilnya misalnya penarik kertas tidak bisa menarik kertas satu persatu.

Cara Merawat Printer



Nah apabila kalian baru saja memiliki printer atau masih mau beli, lebih baiknya lihat beberapa hal penting dari bikin betah dibawah ini mengenai cara merawat printer terutama untuk merek printer canon ataupun epson.

  1. Jangan sampai printer tidak digunakan maksutnya minimal 1 hari printer wajib di fungsikan. Dan usahakan seluruh warna printer (Merah, Kuning, Hitam Biru) di gunakan untuk menghindari penggumpalan warna printer.

  2. Usahakan Cartridge Ink tank tidak kosong dalam waktu yang lama. Jadi segera isi bila tinta sudah habis.

  3. Bila kalian melakukan isi ulang/refile yaitu saat melepas cartridge, dilarang menyentuh pin CMOS (yang diberi tanda gambar telapak tangan yang di silang). Pin ini sangat sensitif jadi kalau tersentuh bisa mengalami kerusakan akibat listrik statis yang ada di tubuh kita.
     
  4. Merk tinta yang digunakan harus sama saat isi ulang/refile. Bila berbeda usahakan tinta pada cardtridge sudah habis saat pengisiannya. Karena ini untuk mencegah terjadinya reaksi penggumpalan tinta yang disebabkan merk tinta berbeda yang bisa menyumbat lubang tinta pada Head.

  5. Gunakan kertas yang bersih dan juga tidak luset untuk di prinnya, karena karetas yang luset untuk menghindari kemacetan saat print berjalan. Dan kertas berdebu untuk menghindari atau menjaga kebersihan pada head.
     
  6. Dalam membersihkan printer gunakan kuas atau lap dengan kain. Untuk bagian dalam bisa menggunakan kuas kecil biar bisa mencapai sela-sela yang sulit untuk dibersihkan. Dan waktu melakukan ini printer harus dalam keadaan off, dan kabel-kabel harus dicabut dari listrik ( Cara Merawat Printer ).
     
  7. Usahakan printer selalu ditutup agar terlindung dari debu. Dan bahan untuk menutup lebih baik terbuat dari kain jangan gunakan plastik karena dengan kain kain masih ada sirkulasi udara dan untuk menghindari kelembapan pada printer.
     
  8. Jika printer Anda sering difungsikan (seperti diwarnet atau usaha pengetikan) jangan terlalu sering mematikan printer setelah dipakai. Ini dimaksudkan untuk mengurangi Over Hit Counter pada Limit Counter BIOS. Karena semua jenis printer mempunyai batasan jumlah mencetak (rata-rata 2000 X). Dan setiap anda menyalakan printer maka Counter akan bertambah (dianggap 1 kali mencetak).
     
  9. Untuk mengoptimalkan usia Head jangan sering-sering mencetak gambar atau tulisan yang dipertebal atau Fill kepadatan tinggi.
     
  10. Untuk printer yang sudah dimodif, Peletakkan wadah tinta infus sejajar atau agak rendah sedikit dengan Catridge. Ini dimaksudkan supaya tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak digunakan.
     
  11. Lakukan pembersihkan / cuci busa / spon penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun = 1 x atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah. Biasanya ditandai dengan tidak berjalannya Proses Cleaning Head atau ada luberan tinta dibagian dalam printer. Kalau hal tersebut diabaikan akan berbahaya bagi rangkaian elektronik / mekanik printer. Pada beberapa kasus dipakai trik yaitu dengan mengeluarkan selang yang masuk  penghisap dan ditampung pada tempat tersendiri. Dan untuk yang no.11 ini kalau Anda belum berpengalaman bisa minta bantuan seorang ahli atau teknisi printer.

Itulah beberapa point penting untuk cara merawat printer khususnya untuk segala merk printer baik canon, epson dan lainnya, semoga bisa memberi manfaat buat kalian semua terutama yang bergelut dengan bidang printer.


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...