Anda sedang dihalaman Bentuk Ukuran Lapangan Sepak Bola

Bentuk Ukuran Lapangan Sepak Bola

Posted by Admin Friday, March 8, 2013 0 komentar
Ukuran lapangan sepak bola - Sudah banyak yang mengetahui olahraga sepak bola ini, namun bila ditanyai tentang berapa ukuran sepak bola itu sendiri, pasti banyak yang masih belum mengetahuinya. Dan hanya tahu bahwa bentuk lapangan sepak bola itu berbentuk persegi panjang namun belum tahu kpasti berapa ukurannya. Mengenai ukuran lapangan sepak bola itu sendiri yang sebenarnya menurut FIFA atau singkatannya Federation of International Football Association telah ditetapkan dibawah ini :

Ukuran Lapangan Sepak Bola

 
Ukuran Lapangan Sepak Bola
Ukuran Lapangan Sepak Bola

Itulah bentuk dasar dan ukuran lapangan sepak bola untuk memperbesar gambar silahkan klik tepat digambarnya. 
- Panjang lapangan sepak bola : 90-120 meter. 
- Lebar lapangan sepak bola : 45-90 meter. 

Mempunyai bentuk persegi panjang dan umumnya berbanding 2 : 1.
  • Garis Lingkaran Tengah/Kick Off Area
Pada garis lingkaran tengah sendiri harus berdiameter 9,15 meter dan berada tepat ditengah lapangan pada titik yang mana digunakan untuk kick off.
  • Kotak Penalti
Area dimana penjaga gawang bebas memegang bola disebut kotak penalti. Dan juga bila salah satu pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri, maka tim lawan mendapat hadiah penalti dengan jarak 11 meter dari gawang. Dan juga hanya berhadapan dengan penjaga gawag dab dua kotak penalti yang terdiri dari:
  • Kotak Penalti Besar (18 yard box)
Kotak bagian ini sendiri memiliki panjang sekitar 40-45 meter dan lebar sekitar 16-19 meter.
  • Kotak Penalti Kecil (6 yard box)
Pada kotak penalti bagian ini sendiri hanya berukuran panjang sekitar 18 meter dan lebar 5,5 meter saja. Dan ini sudah merupakan ukuran lapangan sepak bola yang sudah ditetapkan oleh FIFA.
  • Gawang
Untuk ukuran gawang sendiri harus berbanding 3:2 dengan bentuk persegi panjang. Untuk idelanya dan sudah ditetap oleh FIFA adalah tinggi 2,4 meter, dan lebar 7,3 meter. 

Itulah ukuran lapangan sepak bola yang ditetapkan oleh FIFA, itu beda lagi dengan ukuran lapangan futsal yang lebih kecil. yang pernah juga dipostingan sebelumnya. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian.


0 komentar:

Post a Comment